Contoh Teks Laporan Hasil Observasi

Di sini saya akan memberi contoh teks LHO yang telah dibuat oleh teman saya dan saya sendiri.

Pasar Projo


Pasar Projo merupakan sebuah bangunan pasar yang terletak di Kupang Kidul, Ambarawa. Pasar ini dibangun pertama kali pada zaman Belanda dan mulai dipegang oleh Pemerintah Indonesia untuk dioperasikan pada tahun 1971. Masih pada tahun yang sama, pasar terbakar dan dibangun kembali pada akhir tahun 1971, sehingga dapat beroperasi kembali. Berselang waktu 20 tahun lamanya, yaitu tahun 1991 pasar terbakar kembali dan dibangun kembali pada tahun 1992. Kejadian yang sama ini terulang kembali pada tahun 2012. Namun, kejadian ini merupakan kejadian terparah yang menyebabkan semua bangunan hangus terbakar. Oleh karena itu, harus dibangun kembali dan untuk menyelesaikan hal tersebut membutuhkan waktu yang lumayan lama, sehingga dapat mulai dioperasikan pada tahun 2015.

           Pasar Projo berdiri di tanah lapang seluas ± 12.000 m2. Berdasarkan letak dan waktunya, pasar ini dibagi menjadi dua tempat, yaitu bangunan utama dan pasar pagi. Pasar pagi terletak di sebelah kanan jalan dari Ungaran dan hanya beroperasi pada pagi hari karena pada siang harinya digunakan sebagai tempat parkir angkutan umum. Adapun bangunan utama terletak di sebelah kiri jalan dari Ungaran dan mulai beroperasi pada pagi hari hingga sore, bahkan malam hari.

      Pasar pagi hanya menjual sayuran, daging, bumbu dapur, dan kebutuhan pokok lainnya. Bangunan utama menjual berbagai hal dan dibagi menjadi tiga tempat, yaitu lantai dasar, lantai 1, dan lantai 2. Pada lantai dasar barang yang diperjualkan adalah barang-barang komoditi, seperti daging, ikan, sayur, bumbu dapur, dan sebagainya. Lain halnya dengan lantai dasar, lantai 1 memperjualkan sembako, buah, pakaian dan sandal dalam jumlah sedikit, serta menyediakan warung makan. Selanjutnya, lantai 2 yang diperjualkan adalah pakaian, barang pecah belah, gerabah, aksesoris pakaian, dan masih banyak lagi.

           Fasilitas yang ada di Pasar Projo jumlahnya cukup banyak, seperti 196 kios, 1709 lapak los, 12 unit MCK, mushola, TPS, area parkir, dan listrik. Selain itu, banyak peran serta masyarakat untuk menertibkan pasar ini, seperti ada 7 orang penjaga malam dan 20 orang petugas pasar.

         Adapun manfaat Pasar Projo untuk masyarakat, seperti tempat mencari nafkah, tempat membeli barang kebutuhan, dan sebagai sarana untuk promosi. Pasar Projo juga memiliki manfaat untuk pemerintah, antara lain sebagai sumber pendapatan negara dan penunjang kelancaran pembangunan.  


Teks LHO di atas semoga bermanfaat untuk yang membutuhkan. Sekian dari saya, mohon maaf bila ada kesalahaan dalam ejaan. Terima Kasih.

2 Responses to "Contoh Teks Laporan Hasil Observasi"